Dinus Open Source Community (DOSCOM)


DOSCom, merupakan sebuah komunitas yang terdiri dari Mahasiswa, Pelajar dan Masyarakat yang aktif dalam penggunaan Open Source Software (OSS). Komunitas ini dibentuk pada tanggal 27 November 2003, oleh Universitas Dian Nuswantoro, sebagai provokator dalam memasyarakatkan dunia Teknologi Informasi dengan Open Source Software(OSS) di Indonesia.


"Open Source Software" (OSS), dapat di defenisikan sebagai perangkat lunak yang dikembangkan secara bergotong-royong tanpa koordinasi resmi menggunakan kode program (Source Code) yang tersedia secara bebas, serta di distribusikan melalui internet.Budaya gotong-royong pengembangan perangkat lunak itu sendiri telah ada sejak komputer pertama kali dikembangkan
free Software and Open Source Software

"free software", merupakan konsep yang diistilahkan dalam proyek GNU(GNU-Not Unix) yang berasal dari anggapan bahwa perangkat lunak merupakan sesuatu yang seharusnya selalu boleh dimodifikasi.
Prinsip-prinsip free software tersebut memiliki banyak kesamaan dengan OSS. free software lebih menekankan pada hal hakiki yaitu kebebasan mengembangkan perangkat lunak, sedangkan OSS lebih menekankan aspek komersial seperti kualitas tinggi, kecanggihan, dan kehandalan. Dengan demikian, konsep OSS diharapkan lebih menarik perhatian pelaku bisnis, investor, dan bahkan para raksasa perangkat lunak

Dengan penerapan optimal Open Source Software(OSS), diharapkan Indonesia dapat Meningkatkan potensi untuk bisa lebih mandiri di bidang Teknologi Informasi (MTI) dan berpotensi untuk menjadi solusi "win-win" untuk semua pihak.

Poskan Komentar

Silahkan beri komentar Anda dan jangan komentar bernada spam ya. Obrigado