Aplikasi Burning K3B

Pada posting sebelumnya penulis sudah membahas tentang aplikasi burning Brasero yang berjalan di GNOME desktop. Kali ini penulis akan membahas lagi salah satu aplikasi burning CD/DVD di GNU/Linux yang berbasis KDE desktop, dimana aplikasi tersebut memiliki fitur dan fungsionalitas hampir mirip dengan aplikasi Nero.

Yaitu KDE Burn Baby Burn atau biasa disingkat K3B, merupakan free software yang dapat digunakan sebagai aplikasi burning di platform GNU/Linux. Aplikasi yang dibuat oleh Sebastian Trug ini, ditulis dengan menggunakan bahasa pemrograman C++, dan menggunakan QT sebagai GUI toolkit-nya.

Ok cukup dulu reviewnya.
Sekarang mari simak bagaimana menggunakan aplikasi K3B tersebut untuk mem-burning data ke dalam CD/DVD.

Catatan :
Dalam praktek ini distro Linux yang digunakan penulis adalah Ubuntu 9.04.
Bagi rekan-rekan yang tidak menggunakan distro Ubuntu, silakan kunjungi website K3b (http://k3b.plainblack.com/) untuk mendapatkan paket K3b terbaru serta panduan instalasi sesuai dengan distro Linux yang digunakan.


  1. Untuk mengistalasi K3b, buka Terminal dari menu Applications -> Accessories -> Terminal, lalu jalankan perintah berikut:

    $ sudo apt-get install

    Catatan :
    K3b termasuk program yang memiliki cukup banyak dependency sehingga penulis menggunakan tool apt-get untuk membantu proses instalasi. Untuk itu pastikan dahulu bahwa setting repository Ubuntu di Internet atau DVD repo Ubuntu sudah benar.

  2. Setelah terinstal, aplikasi K3b dapat Anda jalankan dari menu Applications -> Sound & Video -> K3b


  3. Dari halaman utama K3b, klik New Data CD Project


  4. Anda dapat mengubah nama volume CD dengan mengklik kanan tulisan K3b data project, kemudian pilih Rename.


  5. Setelah itu, (1)tambahkan folder atau file yang ingin Anda burning dengan cara menekan dan manahan tombol Ctrl, lalu pilih folder atau file tersebut, kemudian (2)tarik atau drag ke halaman project.


  6. Sesuaikan besar file yang ingin di-burn dengan kapasitas CD/DVD yang Anda miliki. Jika sudah selesai memilih, masukkan CD/DVD kosong, dan klik tombol Burn.


  7. Pada halaman Burn, (1)ubah kecepatan burning CD/DVD pada pilihan Speed sesuai dengan kebutuhan Anda. Setelah Anda yakin semua setingannya sudah benar, (2)klik Burn untuk memulai proses burn data ke CD/DVD.


    Catatan:
    Saran penulis, jangan gunakan Speed maksimum untuk menghindari kegagalan proses burning CD/DVD

  8. Proses burn CD/DVD akan berjalan. Tunggu hingga proses burn selesai, dan K3b akan meng-eject CD/DVD secara otomatis.


    Setelah proses burningnya selesai, klik saja tombol Close.


Cukup sekian dulu ya...silakan eksplorasi sendiri fitur-fitur yang ada di dalam K3B.


-----------Open Your Mind With Free & Open Source Software------------

Poskan Komentar

Silahkan beri komentar Anda dan jangan komentar bernada spam ya. Obrigado