Gnome Partition Editor (GPARTED)

Mungkin banyak dari saudara-saudara kita selama ini hanya tahu bahwa untuk membuat, menghapus atau mengubah suatu partisi di harddisk pastinya harus menggunakan perangkat lunak pengolah partisi semacam Partition Magic. Padahal kita tahu bahwa Partition Magic bukanlah perangkat lunak yang di lisensikan secara gratis.

Untuk mendapatkan aplikasi tersebut, kita harus merogoh kantong yang dalam (itu bagi yang kantong tebal) hanya demi mendapatkan lisensi programnya, tetapi bagaimana dengan mereka yang mempunyai kantong tipis?

Sudah menjadi tradisi bagi yang mempunyai modal tipis yaitu dengan mengambil jalan pintas melalui solusi pembajakan. Sampai saat ini, tradisi tersebut masih dianut dan dipercaya sangat ampuh untuk mengatasi masalah kantong tipis tersebut hehehe.
Yang harus kita sadari bahwa, dari hasil survey yang dilakukan oleh Business Software Aliance (BSA) menyebutkan bahwa tingkat penggunaan software Illegal di Indonesia Tahun 2008 adalah sekitar angka 85%. Kenaikan tersebut mendudukkan Indonesia berada di peringkat 12 dari 110 negara di dunia dengan tingkat pembajakan tertinggi.


Jadi apakah kita harus berbangga melihat peringkat 12 tersebut dan menjadikannya sebagai gelar kehormatan yang sangat mulia, sehingga berupaya lagi untuk menaikkan peringkat ke-12 menjadi gelar sang juara utama dalam dunia pembajakan software?
Mari kita tinggalkan kampanye anti pembajakan di atas dan coba kita lanjutkan kembali ke topik perangkat lunak pengolah partisi.


Di dalam dunia Free Open Source Software (FOSS), ada beberapa tool pengolah partisi yang cukup powerfull dan bisa disandingkan dengan aplikasi proprietary semacam Partition Magic. Baik itu yang berbasis Graphic User Interface (GUI) maupun yang berbasis Text User Interface (TUI).

Salah satunya yang berasal dari lingkungan GUI adalah GParted (Gnome Partition Editor). Dimana perangkat lunak ini mempunyai tampilan serta menu-menu yang sangat user friendly sehingga cukup mudah untuk dipahami oleh orang awan sekalipun, serta memiliki kemampuan dalam menanggani partisi serperti membuat, menghapus, meresize, memindahkan, mengecek dan menyalin partisi berserta filesystemnya sekaligus.

GParted merupakan aplikasi pengolah partisi hasil karya dari Bart Hakvoort (plors) dan didistribusikan dibawah lisensi GPL (GNU General Public License). Hingga artikel ini diturunkan, GParted telah menginjak versi 0.4.3 dan akan selalu dikembangakan terus oleh sang Authornya sampai dunia ini kiamat (kidding hehehe).

Guna mendukung artikel ini, penulis telah membuat ebook tentang "Meresize dan Memartisi Harddisk dengan Menggunakan GParted" dalam format PDF, yang bisa Anda download pada link di bawah ini:

Download disini

Poskan Komentar

Silahkan beri komentar Anda dan jangan komentar bernada spam ya. Obrigado